Friday, August 23, 2013

Dahsyatnya Usaha Laundry Kiloan...!!!

mesin pengering laundry
Mungkin bagi anda yang belum mengerti tentang Bisnis Laundry Kiloan ini mengatakan tidak banyak menguntungkan atau bisa dibilang tidak menjanjikan. Mengapa begitu?? jawabanya tentu akan ada dalam benak anda bahwa setiap orang atau bahkan ibu-ibu akan mencuci pakaiannya sendiri dirumah. Apalagi saat sekarang ini banyak teknologi mesin laundry atau mesin cuci yang cukup bagus dan murah dikalangan masyarakat. Sehingga peluang Usaha Laundry Kiloan sangat kecil.

Baik lah untuk menjawab pertanyaan diatas atau sebagai gambaran tentang Dahsyatnya Usaha Laundry Kiloan, saya akan memberikan sedikit gambaran untuk anda.

Begini, dari beberapa usaha laundry yang telah saya amati, dari aspek pasar yang berbeda seperti target pasar perumahan-perumahan dan pasar kos-kosan mahasiswa. Dari beberapa yang saya amati target pasar mahasiswa lah yang sangat menjanjikan. Karena kebanyakan mahasiswa sekarng ini selalu pengen praktis. hehe.. 

Ok. anggap saja kita ambil target pasar pada kalangan kos-kosan mahasiswa dimana setiap 3 hari mahasiswa akan mencuci pakainya minimal 3 kilo untuk 1 mahasiswa. Jika perkiraan anda didalam target pasar anda memiliki 500 mahasiswa yang mencuci pakaian dengan persentasi mencuci di laundry anda 3% saja maka anda mempunyai kesempatan 15 mahasiswa yang mencuci pakaianya ditempat anda setaiap hari dengan rata-rata 3 kilo per orang. Maka anda mempunyai omset 3kg x 15 orang x harga loundry per kilo misal Rp 5000 x 30 hari = Rp. 6.750.000. per bulan.

Dengan rincian biaya operasional,
  1. Biaya listrik                                             : Rp    300.000
  2. Penyetrika per kilo Rp 1000 x 1350kg    : Rp 1.350.000
  3. Detergen dan pewangi                             : Rp    700.000
  4. Karyawan cuci                                        : Rp    700.000
  5. dll                                                           : Rp    150.000
    Total                                                             : Rp 3.200.000
    Penghasilan Bersih   Omset Rp 6.750.000 - Rp 3.200.00     : Rp 3.550.000

Untuk analisa diatas belum termasuk sewa tempat dan biasanya tidak sama pada  setiap daerah dengan modal perlengkapan 1 mesin cuci laundry dan 1 mesin pengering laundry.

Hal-hal yang harus anda penuhi untuk memulai bisnis laundry kiloan ini diantaranya yaitu:
  1. Lokasi. mencari lokasi yang strategis adalah hal yang sangat penting, karena ini akan sangat mempengaruhi apakah usaha anda akan sukses atau tidak. Akan tetapi jika saya boleh memberi saran lokasi yang sangat bagus adalah pada kalangan kos-kosan mahasiswa. Karena mahasiswa identik dengan selalu pengen praktis. :) 
  2. Mesin Cuci Laundry dan Mesin Pengering Laundry.  Cari mesin cuci yang handal dan sesuaikan dengan buget dan target pasar anda. Jika hal ini tidak ada keseimbangan maka BEP anda juga akan lama atau bahkan bisa bangkrut karena telalu bisar investasi awal.
  3. Karyawan. Pisahkan antara karyawan strika dengan pencucian.
  4. Perlengkapan, seperti etalase, meja, timbangan dll
  5. Deterjen, pewangi dan pemutih. Pilih kwalitas yang bagus, karena ini akan sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan anda.
Mungkin ini yang bisa sedikit saya share kepada anda, dan analisa diatas bisa berbeda-beda tergantung tempat dan caya fikir orang. 

Jika anda mempunyai kritik untuk postingan ini saya persilahkan untuk meninggalkan komentar dibagian bawah ini. Terima kasih atas kunjungan anda di blog buatbisnis.com



5 comments:

nice info gan.... semakin menguatkan semangat usaha londry. salam dari TAS MOTOR DELIVERY - 08788.6666.003

sip gan... semoga sukses gan... :)

wow untuk usaha laundry cuma butuh 3jtaan ya dan harga mesin laundry bisa dicari yang murah tapi bagus

mantebb, sukses gan.. www.kementeriankoperasi.com

Post a Comment

Gunakan Name/URL ketika berkomentar.
Kami tidak mengizinkan anda menyimpan link hidup/mati jika ingin kami kunjungi.

## Terima kasih ##