Wednesday, May 30, 2012

Pasar Tradisional















BuatBisnis.com Pasar Tradisional merupakan pasar yang banyak diminati oleh masyarkat luas, kuhusnya di Indonesia. Karena bisnis pasar tradisional ini sudah mendarah daging dikalangan masyarakat menengah kebawah. Jika dilihat dari segi sejarah dan perkembangan pasar di awali pada zaman pra sejarah, dimana didalam memenuhi kebutuhan manusia melakukan sistim Barter yaitu suatu sistim yang diterapkan antara dua individu dengan cara menukar barang yang satu dengan barang yang lainnya dan akhirnya sistim barter ini berkembang secara luas. Proses penukaran barang tersebut menimbulkan masalah akan tempat di mana tempat sendiri berkaitan dengan jarak dan waktu tempuh. 

Pasar tradisional biasanya dikelolaoleh pemerintah maupun swasta, fasilitas yang tersedia biasanya merupakan bangsal – bangsal, loods – loods, gudang, toko – toko, stand – stand/kios – kios, toilet umum pada sekitar pasar tradisional. Pada pasar tradisional proses jual beli terjadi secara manusiawi dan komunikasi dengan nilai – nilai kekeluargaan yang tinggi. Sehingga dapat mempererat hubungan persaudaraan.

Bisnis Pasar Tradisional ini juga merupakan peluang besar yang dapat dimanfaatkan, baik untuk bisnis sampingan maupun bisnis utama. Karena pada dasarnya masyarakat indonesia lebih suka dengan pasar tradisional dibandingkan pasar modern sehingga bisa menjadi peluang bagus buat para pedagang. Akan tetapi hal yang harus di perhatikan untuk dapat menarik peminat pengujung adalah meningkatkan pelayanan yang bagus, itu lah rahasia dari pada bisnis untuk mencapai kesuksesan..